Bhabinkamtibmas Polsek Barong Tongkok Lakukan Penyelesaian Masalah Terhadap Warga Binaannya ( problem solving )

Kutai Barat – Kepolisian Sektor (Polsek) Barong Tongkok, Bhabinkamtibmas merupakan personil kepolisian yang paling dekat dengan masyarakat. Merekalah yang menyampaikan pesan-pesan kamtibmas, menyampaikan program kepolisian, menyelesaikan masalah warga binaannya (Problem Solving) dan kegiatan lainnya yang berbaur dengan masyarakat.

Menindak lanjuti hal tersebut Bhabinkamtibmas Kampung Mencimai Bripda Hadai Bersama Ka Spk Regu 1 Aiptu Budi Santoso serta anggotanya menyelesaikan masalah (problem solving) kesalahan pahaman antara LW (27) warga kampung mencimai yang keberatan atas perkataan RN (29) yang disampaikan oleh HJ (35) ke LW. Senin malam (20/6/2022)

Dalam menyelesaikan masalah tersebut, Bhabinkamtibmas Kampung mencimai Bripda Hadai memanggil Ketiga pihak terkait di Kantor Polsek Barong Tongkok pada hari selasa (21/06/2022) dengan melakukan upaya musyawarah/mediasi, dengan hasil, ketiga belah pihak menyadari bahwa adanya kesalahan pahaman penyampaian dan ketiga belah pihak melakukan upaya damai dan saling memaafkan. Sehingga Bhabinkamtibmas membuatkan surat pernyataan yang telah di sepkati oleh ketiga belah pihak, agar tidak terulang lagi permasalahan tersebut.

Secara terpisah, Kapolsek Barong Tongkok Iptu Sunarto mengungkapkan bahwa sebagai anggota Bhabinkantibmas, selain tugas sambang rutin juga dituntut memiliki kemampuan untuk mendeteksi dini ganguan kamtibmas di wilayahnya.

Disamping itu juga harus memiliki kemampuan menyelesaikan permasalahan setiap kejadian yang ada di wilayah binaannya. “Tentunya hasil kesepakatam ini dapat diterima oleh ketiga belah pihak yang bermasalah tanpa melalui peradilan sebagai wujud memberikan pengayoman dan rasa keadilan. Dengan demikian dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada Polri,” Ungkap Kapolsek Barong Tongkok.

admin

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *