Sinergitas dan Kolaborasi Jadi Fokus Utama Dalam Seminar Identifikasi Korban Mati pada Bencana Karhutla di Kaltim

Sinergitas dan Kolaborasi Jadi Fokus Utama Dalam Seminar Identifikasi Korban Mati pada Bencana Karhutla di Kaltim

Balikpapan – Sebuah langkah maju dalam penanggulangan bencana karhutla, Polda Kaltim menyelenggarakan seminar bertajuk “Sinergitas dan Kolaborasi dalam Identifikasi Korban Mati pada Disaster Karhutla”, Rabu (6/12/2023).

Kegiatan Seminar ini digelar di Grand Ballroom Jatra Hotel Balikpapan yang dihadiri oleh Kapusdokkes Polri yang diwakili oleh Brigjen Pol dr. Nyoman Eddy Purnama Wirawan, Sp. FM, Karoodokpol Pusdokkes Polri sekaligus menyampaikan materi Peran Dokkes dalam Identifikasi Korban Mati pada Disaster Karhutla, demikian pula dihadiri oleh Wakapolda Kaltim Brigjen Pol. Drs. Mujiyono, S.H., M.Hum, dan diikuit Dir Lantas, Dir Polairud, Dir Binmas, Kabid Keu, Kabid Dokkes, Kabid Propam Polda Kaltim, serta dari Instansi terkait sebagai Narasumber.

Sedangkan para peserta dari Dinas Kesehatan Prov. Kaltim, Dinas Kehutanan Prov. Kaltim, Dinas Sosial Prov. Kaltim, BPBD Prov. Kaltim, Basarnas Balikpapan, Dinas Damkar Balikpapan, Lanal Balikpapan, Lanud Balikpapan, perwakilan UPTD KPHP Kota se-Kaltim.

Seminar ini sebagai tanggapan terhadap meningkatnya kejadian karhutla yang mengakibatkan korban jiwa. Tujuan dari kegiatan ini adalah membahas strategi identifikasi korban mati dalam situasi darurat, serta mengintegrasikan upaya dan sumber daya dari berbagai instansi terkait.

Diskusi yang melibatkan pakar di bidang penanggulangan bencana, medis forensik, dan manajemen krisis juga menjadi highlight acara. Para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya langsung dan berbagi pengalaman, sehingga terjadi pertukaran ide yang berharga untuk peningkatan kapasitas penanganan darurat.

Diharapkan, hasil dari seminar ini akan memberikan dampak positif dalam mengurangi risiko korban jiwa dan kerugian akibat bencana karhutla di Kalimantan Timur.

Humas Polda Kaltim

admin

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *