KASAT SAMAPTA POLRES KUTAI BARAT MENJADI INSPEKTUR UPACARA DI SMK SURYA MANDALA SENDAWAR

KASAT SAMAPTA POLRES KUTAI BARAT MENJADI INSPEKTUR UPACARA DI SMK SURYA MANDALA SENDAWAR

Sendawar – Istimewa dan tak biasanya Inspektur Upacara di sekolah yang biasa dijabat oleh Kepala Sekolah atau Guru Pembimbing, pagi ini (07/10) SMA dan SMK Surya Mandala Sendawar kedatangan pimpinan tertinggi Samapta Polres Kutai Barat IPTU I Wayan Witra sebagai Inspektur Upacara Bendera.

Saat menjadi Irup, Kasat Samapta memanfaatkan kesempatan itu untuk melakukan pembinaan tata upacara dan mengajak siswa siswi untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif di lingkungan sekolah dan juga pada lingkungan tempat tinggal masing – masing.

Di dalam kegiatan ini juga, Kapolres Kutai Barat AKBP I Putu Yunu Setiawan, S.I.K, M.H memberikan sambutannya yang dibacakan oleh Kasat Samapta IPTU I Wayan Witra tentang “Agar para siswa siwi menyikapi pemberitaan di berbagai media, baik itu media elektronik, cetak dan juga on line, banyak sekali kasus atau tindak criminal yang pelaku juga korbannya melibatkan remaja atau anak sekolah, hal ini harus menjadi perhatian serius kita bersama.”

“Masa depan kalian masih sangat panjang dan penuh dengan tantangangan yang semakin berat, untuk itu persiapkan diri kalian dengan bekal ilmu yang cukup, sehingga dapat menjawab semua tantangan dimasa depan, untuk itu saya berpesan agar selalu tingkatkan iman dan taqwa terhadap Tuhan YME, melaksanakan tugas dan peran masing-masing dengan baik untuk mengisi kemerdekaan bangsa yang kita cinta ini, hindari perbuatan – perbuatan yang kontra produktif bahkan cenderung melanggar hokum, kaitan dengan lalu lintas saya ucapkan terimakasih kepada seluruh guru dan juga siswa siswi yang sudah taat dalam berlalu lintas, kami akan lakukan tindakan tegas jika ada siswa siswi yang tertangkap tangan menyalahgunakan lem dan alkohol” amanat Kapolres Kutai Barat yang dibacakan oleh Kasat Samapta.

“Menindaklanjuti surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan republic indonesia nomor 9 tahun 2019 tanggal 27 september 2019 tentang pencegahan keterlibatan peserta didik dalam aksi unjuk rasa yang berpotensi kekerasan, maka dihimbau kepada seluruh kepala sekolah untuk melakukan langkah pencegahan dan penanganan sebagai berikut : 1. Memantau, mengawasi, serta menjaga kemanan dan keselamatan peserta didik didalam dan diluar lingkungan sekolah, 2. Menjalin kerjasama dengan orangtua untuk memastikan putra dan putrinya mengikuti proses pembelajaran sesuai ketentuan, 3. Membangun kounikasi harmonis dengan peserta didik, 4. Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang dapat menyalurkan pemikiran kritis, bakat peserta didik masing-masing, 5. Memastikan pengurus OSIS khususnya dan peserta didik pada umumnya untuk tidak mmudah terpengaruh dan terprovokasi terhadap informasi yang tidak dapat dipertanggung jawabkan dan menyesatkan, 6. Memberikan pendampingan dan pembinaan kepada peserta didik yang terdampak dalam aksi unjuk rasa, 7. Memastikan pihak siapa saja dengan maksud dan tujuan apa saja untuk tidak melibatkan peserta didik dalam kegiatan unjuk rasa berpotensi pada tindakan kekerasan,kekacauan dan pengrusakan,” tambahan amanat Kapolres Kutai Barat yang dibacakan oleh Kasat Samapta.

“Tujuan kami sebagai inspektur upacara di sekolah SMK Surya Mandala ini adalah untuk mendekatkan diri kami sebagai aparat keamanan di Polres Kutai Barat kepada siswa siswi SMK Surya Mandala ini, agar bias ikut serta untuk menjaga keamanan di wilayahnya masing – masing baik itu di sekolah, rumah, maupun di kabupatennya sendiri, kemudian untuk siswa siswi yang mana umur mereka masih bisa dikatakan labil perlu kita adakan pendekatan antara murid dengan guru, murid dengan aparat keamanan agar terjalinnya komunikasi yang baik sehingga terciptanya keamanan, ketertiban dan untuk siswa siswi yang berada di SMK Surya Mandala ini kedepannya menjadi dan menerima tongkat kepemimpinan yang ada di wilayah Kutai Barat bahkan di luar wilayah Kutai Barat,” ungkap Kasat Sabhara Polres Kutai Barat itu.

“Saya selaku kepala sekolah sangat berterima kasih dan bangga sekali bahwa adanya perhatian dari Polres Kutai Barat yang mau menjadi isnpektur upacara di SMK Surya Mandala, karena ini sangat membantu kami dalam membina siswa kami, terutama dalam kaitannya dengan ketertiban dan keamanan baik itu di sekolah maupun diluar sekolah, karena keinginan kami adalah disamping mendapatkan pendidikan bahwa siswa ini bias menjadi siswa yang baik, baik kepada lingkungan, sekolah maupun kepada orang tua siswa sehingga para murid ketika selesai dari pendidikan mendapatkan hal yang diinginkan, terutama orang tua dan tentu masa depan mereka sendiri yaitu keberhasilan baik dalam pendidikan, tingkah laku atau karakter mereka,” ungkap Kepala Sekolah SMK Surya Mandala Sendawar – Nuriyati, S. Pd. M. Pd.

 ( fnbp )

admin

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *