Petugas Gabungan Di Kutai Barat Tertibkan Prokes Dengan Tegas Dan Humanis

Kutai Barat – Menindaklanjuti perintah Presiden Republik Indonesia perihal pemberlakuan PPKM Darurat. Petugas gabungan di Kabupaten Kutai Barat Kalimantan Timur menggelar patroli protokol kesehatan skala besar, Jumat, (23/07/2021) malam.

Patroli gabungan dilakukan untuk menertibkan protokol kesehatan di wilayah kabupaten Kutai Barat dengan tujuan untuk menekan penularan kasus Covid-19. Patroli diawali dengan apel bersama di halaman depan Makodim 0912/KBR dengan dipimpin oleh Kabag Ops Polres Kubar Kompol I Gde Dharma Suyasa, S.H.

Dengan menggunakan kendaraan dinas masing masing, petugas gabungan yang terdiri dari anggota Polres Kubar, Kodim 0912/KBR, Satpol PP, BPBD, dan instansi terkait lainnya menyisir kawasan Kab. Kutai Barat.

Adapun sasaran patroli adalah jalan jalan protokol, tempat keramaian masyarakat, serta pusat pertokoan. Patroli dilakukan mulai jam 21.00 wita. Karena sesuai dengan Surat Edaran Bupati Kutai Barat untuk jam operasional toko dan warung warung dalam menerima tamu adalah sampai pukul 21.00 wita, jika lewat waktu tersebut pembeli dapat membawanya pulang.

Kapolres Kubar AKBP Irwan Yuli Prasetyo, S.I.K melalui Kabag Ops Kompol I Gde Dharma Suyasa, S.H., menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan penertiban protokol kesehatan, petugas gabungan diminta agar tegas namun tetap humanis. “Kita berikan tindakan tegas, namun tetap humanis. Ini adalah malam patroli himbauan jadi kita harus sabar menghadapi masyarakat,” kata Kabag Ops Polres Kubar.

Dengan menggunakan pengeras suara petugas gabungan menyampaikan imbauan protokol kesehatan serta mengimbau kepada warga yang sedang nongkrong, bila tidak ada kepentingan lebih baik pulang dan tinggal dirumah saja untuk kesehatan bersama.

“Untuk diketahui semua bahwa angka kasus Covid-19 terus meningkat, untuk antisipasi itulah kami petugas gabungan selalu melakukan patroli himbauan protokol kesehatan. Harapannya semoga dapat menekan laju Covid-19, terutama di kabupaten Kutai Barat,” lanjut Kabag Ops.

Sementara itu salah satu pemilik toko dikawasan Kec. Barong Tongkok, menyampaikan bahwa sebenarnya sedikit kecewa jika jam 21.00 wita harus tutup pelayanan (makan ditempat), kerana pada jam segitu adalah ramai ramainya pembeli yang ingin duduk santai dan berbincang ria. “Sebenarnya eman pak, karena waktunya ramai pembeli. Apalagi jika malam minggu tiba. Tapi kami berkomitmen untuk mematuhi imbauan petugas. Kami semua berharap semoga Covid-19 ini segera sirna. Terima kasih pak, sudah diingatkan,” kata si Pemilik toko tersebut.

Selain diwilayah Kab. Kutai Barat, kegiatan serupa juga dilakukan diwilayah Polsek Jajaran di 15 kecamatan, dengan melibatkan Koramil dan pihak kecamatan masing masing.

Humas Polres Kubar

admin

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *