CEGAH KARHUTLAH, POLSEK BARONG TINGKATKAN SOSIALISASI KE MASYARAKAT

Saat ini di seluruh wilayah Indonesia mengalami cuaca kemarau meskipun sebagian daerah ada juga yang masih turun hujan namun hanya sebentar saja dan tingkat curanya kecil, hal ini mengakibatkan banyaknya wilayah yang mengalami kekeringan.

Disatu sisi hal ini sangat merugikan para petani atau pekebun yang mengharapkan adanya air untuk mengairi lahan pertaniannya, dan dengan adanya kemarau ini banyak sekali wilayah yang mengalami kekeringan sehingga sulit untuk mendapatkan air bersih.

Dengan adanya kemarau ini sudah seperti biasanya mengakibatkan adanya kabut asap yang berasal dari kebakaran hutan atau lahan hal ini yang harus ditanggulangi secara serius sebab dengan adanya kabut asap banyak sekali dampak buruk yang ditimbulkan, adanya penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut ( ISPA ), terganggunya arus lalu lintas baik darat, laut dan udara akibat jarak pandang yang terganggu serta adanya klaim dari negara tetangga yaitu Malaysia dan singapura dikarenakan ikut menjadi korban atas adanya kabut asap yang terjadi dari Indonesia.

Selain itu pula ada beberapa daerah yang menjadi langganan setiap musim kemarau selalu menimbulkan kabut asap, sumatra dan kalimantan adalah contohnya. Setiap musim kemarau di dua daerah ini sering sekali mengalami kebakaran hutan dan lahan, baik itu  kebakaran faktor alam ataupun kebakaran yang memang disengaja, contohnya di daerah kalimantan yang mana masih banyak warganya yang bercocok tanam dengan cara memakai lahan berpindah pindah.

Hal ini tentu saja harus dihentikan sebab selain menimbulkan kabut asap, juga berakibat buruk bagi lainnya.

Dengan adanya kejadian tersebut maka pihak Polri Polres Kutai Barat dan jajarannya termasuk polsek Barong tongkok segera mengambil tindakan secara persuasif yaitu memberikan arahan kepada masyarakat atau sosialisasi terkait karhutlah serta memberikan himbauan larangan karhutlah.

Hal ini ditegaskan pula oleh Bapak Kapolres Kutai Barat AKBP I Putu Yuni Setiawan, S.I.K M.H. melalui Bapak Kapolsek Barong Tongkok IPTU Iriyanto, S.H. yang mengatakan ” Dengan adanya musim kemarau ini maka kami akan sesering mungkin untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar jangan sampai terjadi atau menjadi pelaku Karhutlah untuk itu kami segera memerintahkan kepada personil Polri dan para Bhabinkamtibmas agar sering berkunjung ke kampung kampung yang dianggap rawan karhutlah dan kami juga bekerja sama dengan instansi terkait yaitu unsur TNI dan BPBD daerah sebagai pelaksana penanggulangan karhutlah”

Menindak lanjuti hal tersebut maka setiap harinya personil Polsek Barong tongkok termasuk para Bhabinkamtibmasnya segera mengaplikasikannya dilapangan yaitu dengan sering melakukan sambang ke kampung kampung yang dianggap rawan karhutlah.

Pada hari ini Kamis, 22 agustus 2019 anggota Bhabinkamtibmas Polsek Barong Tongkok atas nama Brigpol Rozikin telah melakukan sambang ke Kampung binaannya yaitu kampung Bangun sari kecamatan linggang bigung, disana Brigpol Rozikin bertemu dengan masyarakat dan pada kesempatan tersebut Brigpol Rozikin segera menyampaikan arahan terkait karhutlah dan juga pesan pesan kamtibmas. Adapun inti dari penyampainya yaitu agar masyatakat jangan sampai menjadi pelaku Karhutlah serta segera melaporkan kepada kepolisian terdekat apabila menemui adanya karhutlah.

Hal ini sangat disambut baik oleh para warga dan mereka juga berterima kasih sekali atas arahan yang diberikan dan mereka juga bersedia untuk menginfirmasikan jika ada terjadi Karhutlah.

admin

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *