Polsek Jempang Hadiri Acara Adat Kwangkai Di kecamatan Jempang

Kutai Barat – Polsek Jempang Polres Kutai Barat Polda Kalimantan Timur menghadiri sekaligus melaksanakan pengamanan acara tersebut di lapangan Kecamatan Jempang Kabupaten Kutai Barat Minggu (28/08/2023)

Hadir dalam acara Adat Kwangkai tersebut Bupati diwalikili Kepala Dinas Sosial Silan SE MM Kab. Kutai Barat, DPD RI Zainal Arifin, Camat Jempang L Itang, SE, Camat Siluq Ngurai Bartolomius Djukuw, SE, Msi, Danramil Jempang diwakili Serda Syahrudin, Kapolsek Jempang Sunarto, S.H, Todat, Toga, Tomas, Masyarakat Jempang kurang lebih 400 orang .

Kegiatan tersebut dalam rangka menciptakan Kamtibmas untuk menekan pelaku kejahatan di wilayah hukum Polsek Jempang. Kehadiran Polri diharapkan dapat langsung dirasakan oleh masyarakat untuk memberikan rasa aman dan mengantisipasi serta mencegah tindak pidana demi Kamtibmas.

Kapolres Kubar AKBP Heri Rusyaman, S.I.K, M.M., melalui Kapolsek Jempang IPTU Sunarto, SH , mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan pengamanan acara Adat Kwangkai merupakan acara Adat yang sangat sakral, yaitu upacara untuk orang yang sudah meninggal dimana di dalam upacara tersebut dapat memperlihatkan hubungan mereka dengan roh keluarga yang sudah lebih dahulu meninggal (leluhur). Dalam upacara kematian yang dilakukan, para keluarga meyakini bahwa roh yang sudah meninggal harus dijemput oleh leluhur agar bisa sampai ke surga dan tidak salah jalan. Upacara kematian dilakukan sesuai dengan apa yang sudah diturunkan oleh para leluhur agar roh orang yang telah meninggal mendapatkan keselamatan dan kebahagian. Ucap Kapolsek Jempang.

Humas Polres Kubar

admin

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *