Tradisi Pensucian Dhuaja Menjelang HUT Korps Brimob Polri, Dihadiri Purnawirawan dan Warakawuri Brimob Kaltim

Tradisi Pensucian Dhuaja Menjelang HUT Korps Brimob Polri, Dihadiri Purnawirawan dan Warakawuri Brimob Kaltim

Balikpapan – Dalam rangka menyambut HUT Korps Brimob Polri Ke 78 yang jatuh pada tanggal 14 November mendatang, Satbrimob Polda Kaltim laksanakan pensucian dhuaja Satya Sakunta Loka di aula Satya Haprabu Mako Satbrimob Polda Kaltim, Senin (13/11/2023).

Pelaksanaan pensucian Dhuaja ini dipimpin langsung oleh Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. Andy Rifai, S.I.K., M.H. dan dihadiri oleh seluruh Pejabat Utama Jajaran Satbrimob, Ketua Bhayangkari Cabang Satbrimob beserta pengurus, Purnawirawan , Warakawuri serta personel Satbrimob Polda Kaltim.

Sebelumnya, Satbrimob Polda Kaltim telah melaksanakan rangkaian kegiatan dalam menyambut HUT Korps Brimob Polri, diantaranya ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Agung, Anjang Sana Kediaman Istri Almarhum Asihono, AKP (Purn) Suharjito dan Bripka (Purn) Mudjodo, dan terakhir pensucian Dhuaja Satya Satya Sakunta Loka.
Tradisi pensucian dhuaja ini sebagai bentuk pemuliaan nilai-nilai luhur atau sebagai wujud rasa nasionalisme dan pelestarian budaya nusantara serta merupakan tradisi turun temurun yang dilakukan oleh Korps Brimob Polri.

Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. Andy Rifai, S.I.K., M.H. mengatakan pensucian Dhuaja Satya Sakunta Loka merupakan hal yang dilakukan secara turun temurun sebelum pelaksanaan puncak acara HUT Korps Brimob Polri dan telah menjadi tradisi yang harus di jaga.

“Setelah upacara pensucian Dhuaja Satya Sakunta Loka, harapan kami semoga Allah SWT meridhoi seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan ini sampai acara puncak HUT Korps Brimob Polri ke 78 ini,” ujar Kombes Andy Rifai.

Humas Polda Kaltim

admin

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *