Polres Kutai Barat Laksanakan Simulasi Sispam Mako Guna Meningkatkan Kesiap Siagaan Menjelang Pemilu

Kutai Barat- Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang, Polres Kutai Barat menggelar kegiatan Simulasi Sistem Pengamanan Markas Komando (Sispam-Mako) di Mapolres Kubar. kamis 23/11/2023

Kegiatan ini bertujuan untuk menguji kesiapan aparat dalam menghadapi berbagai potensi ancaman dan gangguan keamanan yang mungkin timbul selama tahapan pemilu.

Dalam simulasi tersebut, disimulasikan bahwa adanya laporan melalui Kasat intel tentang adanya aksi demi dari masyarakat yang tidak menerima dan menganggap bahwa polisi tidak netral.

Pada Simulasi tersebut Massa aksi memaksa masuk ke halaman mako namun di hadang oleh tim pengamanan di depan pintu gerbang.

Tim negosiator melakukan negosiasi dengan koordinator aksi meminta agar aksi berjalan dengan tertib, serta menunjuk perwakilan massa sebanyak 5 orang untuk bertemu dengan Kapolres Kutai Barat. Peleton Pam Jalan Raya mengalihkan arus lalu lintas yang mengarah ke lokasi unjuk rasa.

Aksi unjuk rasa pun semakin ricuh setelah massa diduga terprovokasi. Masyarakat yang berada di lokasi ikut terprovokasi dan ikut bergabung dengan massa aksi melakukan unjuk rasa.

Melihat situasi semakin tidak kondusif, Danton Dalmas menurunkan pasukan berlapis dan membentuk formasi bersaf di belakang Dalmas Awal. Kemudian saf ke dua dan ketiga Dalmas awal membuka ke kanan dan kiri mengambil perlengkapan tambahan guna penebalan kekuatan Dalmas Lanjut, diikuti saf satu untuk melakukan kegiatan yang sama setelah Tali Dalmas Digulung.

Dengan adanya Dalmas dari Polres Kutai Barat akhirnya para perunjuk rasa berhasil di kendalikan dan 5 orang perunjuk rasa masuk untuk menemui Wakapolres Kutai Barat.

Menurut kapolres, kegiatan ini perlu dilakukan untuk menguji kesiapan Sistem Pengamanan Markas Komando (Sispam-Mako). Terlebih lagi, saat ini memasuki tahun politik, sehingga perlu mengantisipasi kemungkinan gangguan kamtibmas yang akan mengancam, baik di mako, maupun kantor-kantor instansi pemerintahan lainnya.

“Ini perlu kita lakukan mengingat kerena kita sudah lama dengan kesibukan keseharian kita lupa akan bagaimana dengan sistem pengamanan mako kita. Oleh sabab itu, kita melaksanakan kegiatan pelatihan Sispam Mako untuk mengantisipasi ke depan karena mengingat ini tahun politik, untuk mengantisipasi gangguan yang mungkin akan mengancam, baik di kantor-kantor instansi pemerintahan lainnya,” jelasnya

“Dengan adanya latihan sispam Mako ini berharap agar semua anggota tanggap terhadap situasi yang berkembang saat ini, dan apa bila kiranya ada kejahatan yang menyerang mapolres serta akan membahayakan diri sendiri atau kesatuan, Kapolres memberikan perintah agar di lakukan penindakan sesuai SOP yang ada,” imbuhnya.

HUMAS POLRES KUBAR

admin

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *