Polsek Long Iram Polres Kutai Barat Selesaikan Kasus Penganiayaan Warga Melalui Problem Solving

Kubar- Polsek Long Iram Polres Kutai Barat Polda Kalimantan Timur berhasil menyelesaikan kasus penganiayaan warga melalui pendekatan Problem Solving. Keberhasilan ini menunjukkan komitmen kepolisian dalam menangani permasalahan masyarakat dengan cara yang lebih humanis dan efektif, di mako Polsek Long Iram Polres Kutai Barat, Minggu (11/8/2024).

Kejadian penganiayaan ini melibatkan dua warga setempat yang dilakukan oleh pihak kedua Sdr. AN terhadap pihak pertama Sdr. AJ pada hari Sabtu tanggal 10 Agustus 2024 sekira pukul 15.00 Wita di Jln. Danau Gab ( Tepatnya di Jembatan Tiga ) Kamp. Long Iram Kota Kec. Long Iram Kab. Kutai Barat

Polsek Long Iram segera mengambil langkah cepat untuk mengamankan situasi dan mencegah eskalasi lebih lanjut.

Kapolres Kutai Barat AKBP Kade Budiyarta, SIK melalui Kapolsek Long Iram IPTU Andi Salman A, SH , mengungkapkan bahwa pihaknya tidak hanya fokus pada penegakan hukum, tetapi juga pada upaya penyelesaian masalah yang mendasar. “Kami mengedepankan pendekatan Problem Solving untuk mencari solusi yang dapat diterima semua pihak, sehingga dapat menciptakan perdamaian dan harmoni di tengah masyarakat,” ujarnya.

Dalam proses mediasi yang dilakukan, kedua pihak yang terlibat dalam penganiayaan tersebut didampingi oleh tokoh masyarakat dan keluarga masing-masing. Setelah mendengarkan penjelasan dari kedua belah pihak, Polsek Long Iram memfasilitasi dialog untuk menemukan titik temu dan menyelesaikan konflik tanpa harus melalui proses hukum yang panjang.

Hasil dari mediasi ini membuahkan kesepakatan damai antara kedua pihak. Mereka sepakat untuk menyelesaikan permasalahan secara kekeluargaan dan berjanji untuk tidak mengulangi perbuatan tersebut. Selain itu, Polsek Long Iram juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menyelesaikan konflik secara damai dan menghindari tindakan kekerasan.

Pendekatan Problem Solving yang diterapkan oleh Polsek Long Iram Polres Kutai Barat mendapat apresiasi dari warga setempat. “Kami sangat berterima kasih kepada pihak Kepolisian yang telah membantu menyelesaikan masalah ini dengan cara yang damai dan bijaksana,” ujar salah satu tokoh masyarakat.

Keberhasilan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi penyelesaian konflik di masyarakat lainnya, dimana dialog dan mediasi menjadi prioritas utama. Polsek Long Iram berkomitmen untuk terus mendukung keamanan dan ketertiban di wilayahnya melalui pendekatan yang lebih humanis dan berorientasi pada perdamaian, tutup Kapolsek Long Iram.

Humas

admin

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *