PERAN AKTIF PIKET POLSEK DALAM ANTISIPASI GIAT MASYARAKAT

Hari ini Senin, 30 september 2019 seperti yang kita saksikan bersama melalui media televisi ataupun dari media sosial bahwa di depan Kantor DPR yang berada di Jakarta, telah terjadi demontrasi susulan dari mahasiswa yang menyuarakan menolak tentang RUU yang dibahas oleh anggota DPR pusat. Bahkan pada pukul 18.00 wita telah terjadi bentrokan antara pendemo dengan pihak aparat kepolisian hal ini dikarenakan sampai dengan jam diperbolehkannya demontrasi telah habis yaitu pukul 18.00 wib akan tetapi massa masih saja berada di halaman kantor DPR sehingga pihak aparat memberikan peringatan kepada para pendemo namun tidak dihiraukan sehingga terjadi bentrokan.

Dengan adanya kejadian tersebut maka pihak kepolisian di mana saja telah bersiaga mengantisipasi demontrasi agar tidak terjadi di wilayahnya masing masing. Untuk mengantisipasi hal tersebut agar tidak meluas di wilayah yang lain maka pihak polri segera mengambil langkah yaitu dengan cara melaksanakan patroli diwilayahnya masing masing. Adapun pelaksanaan patroli ini diharapkan dapat mendeteksi secara dini apabila terjadi pergerakan demontrasi.

Hal ini ditegaskan pula oleh Bapak Kapolres Kutai Barat AKBP I Putu Yuni Setyawan, S.I.K, M.H. melalui Bapak Kapolsek Barong Tongkok IPTU Iritanto, S.H. yang menjelaskan ” Saat ini di jakarta telah terjadi demontrasi yang dilakukan oleh mahasiswa bahkan sampai terjadi bentrokan dengan aparat kepolisian, diharapkan ditempat kita tidak terjadi hal yang sama dengan dijakarta untuk itu kami harapkan masyarakat untuk dapat memahami situasi yang ada serta tetap menjaga situasi keamanan yang kondusif”

Dengan adanya penjelasan tersebut maka anggota polri polsek Barong tongkok, pada hari  senin malam, 30 september 2019 dipimpin oleh AIPTU Budi Santoso selaku KSPK 1 petugas jaga telah melaksanakan patroli kewilayahan dengan menggunakan kendaraan dinas dan ditemani personil yang lain telah melaksanakan patroli dan menemui warga masyarakat yang ada, dan sewaktu bertemu maka Aiptu Budi segera menyampaikan sosialisasi terkait untuk saling menjaga keamanan lingkungan dan juga menyampaikan pesan pesan kamtibmas kepada warga masyarakat.

Atas kegiatan dari polsek Barong tongkok tersebut warga masyarat sangat berterima kasih dan masyarakat juga bersedia untuk saling menjaga keamanan di lingkungannya dan masyarakat juga berharap agar situasi dijakarta segera kondusif dan masyarakat juga menginginkan agar kegiatan patroli untuk lebih ditingkatkan.

admin

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *