Kanit Propam Polsek Bentian Besar Berikan Pembinaan dan Penyuluhan Kepada Satpam Perusahaan Sawit

Kanit Propam Polsek Bentian Besar Berikan Pembinaan dan Penyuluhan Kepada Satpam Perusahaan Sawit

BENTIAN – Polsek Bentian Besar Polres Kutai Barat melaksanakan kegiatan Pembinaan dan Penyuluhan kepada anggota Satpam yang ada di wilayah hukum Polsek Bentian Besar.

Kegiatan tersebut dihadiri Aipda Mohammad Jais selaku Kanit Propam Polsek Bentian Besar bersama Koordinator Pengamanan (Korpam) Bp. Samsul dan Bp. Agus dari Kopassus. Kamis, (24/03/2022).

Dalam kesempatan tersebut, kehadiran Aipda Mohammad Jais yang mewakili Kapolsek Bentian Besar menyampaikan arahan sekaligus perkenalan kepada anggota Satpam yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam arahannya Aipda Mohammad Jais menyampaikan, “Satpam merupakan petugas pengamanan yang mengemban tugas Kepolisian terbatas sesuai dengan fungsi dan peranan dari Satpam itu sendiri”.

“Adapun fungsi yang memiliki tugas pokok sebagai Pembina Satpam itu sendiri di Kepolisian adalah dari fungsi Binmas melalui Bhabinkamtibmas. Pembinaan dan Penyuluhan kami laksanakan hari ini,” kata Aipda Mohammad Jais.

Dirinya juga mengatakan, “Satpam atau security yang ada di bawah naungan Polsek Bentian Besar secara rutin dan terjadwal mendapat pembinaan dan pelatihan dari personel Bhabinkamtibmas yang di wilayahnya ada perusahaan yang menggunakan jasa pengamanan dari Satpam.

“Dalam kesempatan tersebut pula Aipda Mohammad Jais mensosialisasikan Perpol Nomor 4 Tahun 2020 tanggal 5 Agustus 2020 tentang Pam Swakarsa.
Perpol Nomor 4 Tahun 2020 sebagai pengganti Perkap 23 Tahun 2007 tentang Siskamling serta perubahan jenis seragam dan golongan kepangkatan Satpam.

Adapun materi yang disampaikannya dalam kegiatan tersebut adalah Bijak Bermedia Sosial sekaligus mengajak anggota Satpam senantiasa membina toleransi antar umat beragama, serta bijak bermedia sosial dengan tidak menjadi penyebar berita bohong (Hoax), ujaran kebencian, isu sara dan provokasi.

Jaga kekompakan seluruh anggota dan jangan lupa setiap bertugas tetap bekerja dengan memperhatikan Protokol Kesehatan dengan menerapkan 6M diantaranya menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak disetiap aktifitas, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas serta menjaga imun tubuh. Kedisiplinan setiap anggota menjadi kunci bersama memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Kami berpesan agar Satpam lebih berhati-hati menanggapi isu hoax yang beredar di media sosial dan lainnya. Jagan mudah percaya dengan berita-berita hoax sebelum menemukan kejelasan sumbernya dan bijak dalam bermedsos.” ungkap Aipda Mohammad Jais.

Terakhir dirinya berpesan kepada anggota Satpam, agar selalu waspada dalam bertugas, pada saat berada di Pos Satpam periksa dan catat selalu plat kendaraan yang masuk dan keluar dari kebun hal tersebut untuk menghindari pencurian tandan buah sawit (TBS), pesan Aipda Mohammad Jais singkat.

admin

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *