Polda Kaltim Siap Sukseskan Agenda Kapolda Dan Kapolres Seluruh Indonesia di IKN

Polda Kaltim Siap Sukseskan Agenda Kapolda Dan Kapolres Seluruh Indonesia di IKN

BALIKPAPAN — Presiden Joko Widodo kembali mengundang seluruh jajaran pimpinan Polri dan TNI untuk menghadiri pengarahan penting di Istana Kepresidenan Ibu Kota Negara (IKN), besok, Kamis, 12 September 2024. Pengarahan tersebut dilakukan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan kepemimpinan Presiden Jokowi menjelang akhir masa jabatannya pada akhir Oktober 2024. Jokowi diperkirakan akan menyampaikan pandangan strategis terkait keamanan dan stabilitas negara, sekaligus memberikan arahan khusus kepada Institusi Polri dan TNI dalam menghadapi berbagai tantangan yang akan datang.

Kabid Humas Polda Kalimantan Timur, Kombes Pol Yuliyanto, membenarkan kabar tersebut dan menyampaikan bahwa Presiden akan memberikan pengarahan langsung kepada Kapolri, para Kapolda, Kapolrestabes, Kapolresta, dan Kapolres di IKN. “Benar, besok akan ada pengarahan dari Presiden Jokowi kepada jajaran Polri dan TNI di Istana Presiden IKN. Kami sudah mempersiapkan seluruh hal teknis terkait perjalanan dan pengamanan para peserta,” ujar Kombes Yuliyanto.

Rencana perjalanan dari Balikpapan ke IKN akan diatur dengan pengamanan ketat, sama seperti pola yang diterapkan saat pengarahan kepada para kepala daerah beberapa waktu lalu. Para Kapolda dan Kapolres akan diberangkatkan dari Balikpapan menuju IKN menggunakan bus yang telah disiapkan khusus untuk rombongan.

Sebelumnya, pada pengarahan kepada gubernur, walikota, dan bupati dari seluruh Indonesia, Presiden Jokowi menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam menjaga pembangunan dan ketertiban negara. Kali ini, pengarahan kepada Polri dan TNI dipandang sebagai langkah penting untuk memastikan keamanan nasional tetap terjaga di tengah transisi kepemimpinan nasional, dengan penekanan pada penanganan isu-isu strategis yang membutuhkan kesatuan komando dari kedua institusi tersebut.

Agenda pengarahan di IKN ini juga dipandang sebagai salah satu momen berharga di akhir masa jabatan Presiden Jokowi, yang selama dua periode memimpin bangsa dan melakukan berbagai terobosan dalam pembangunan nasional, termasuk pembangunan IKN sebagai simbol kemajuan Indonesia.

Polda Kalimantan Timur, sebagai tuan rumah wilayah IKN, memastikan kesiapan penuh untuk mendukung kelancaran kegiatan tersebut. “Kami akan bekerja maksimal untuk memastikan semua berjalan lancar, mulai dari pengamanan perjalanan hingga pelaksanaan acara di lokasi. Semoga pengarahan besok dapat berjalan sesuai harapan dan menghasilkan panduan yang baik untuk seluruh jajaran TNI-Polri dalam menghadapi tantangan ke depan,” tutup Kombes Yuliyanto.

Humas Polda Kaltim

admin

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *