Kapolsek Bentian Besar Sambangi Petinggi dan Kepala Adat Randa Empas Terkait Dukungan Vaksinasi Lansia

Kapolsek Bentian Besar Sambangi Petinggi dan Kepala Adat Randa Empas Terkait Dukungan Vaksinasi Lansia

BENTIAN – Dukung dan sukseskan Vaksinasi terhadap Lansia di Wilayah Hukumnya, Kapolsek Bentian Besar AKP Andarias Tato’ Paladang, S.H. bersama Kasium Aipda Paustinus Hantuma, Sambangi Petinggi dan Kepala Adat Kampung Randa Empas Kecamatan Bentian Besar terkait koordinasi para Lansia yang masih belum menerima vaksin, Senin (17/01/2022).

Adapun hasil yang dicapai dalam koordinasi rencana kegiatan vaksinasi khusus untuk para Lansia yang belum menerima vaksin dari Petinggi dan Kepala Adat bersedia mendukung dan akan mendata warganya para Lansia yang belum menerima vaksin.

Kapolsek mengatakan sebelum pelaksanaan vaksinasi, seluruh peserta Lansia terlebih dahulu harus melaksanakan beberapa tahapan, yaitu mengisi pendaftaran, cek tensi dan suhu badan serta screening oleh petugas kesehatan dengan harapan selama pelaksanaan vaksinasi Lansia tersebut hingga selesai tidak ada kendala ataupun hambatan yang terjadi.

Kapolsek juga tak lupa menjelaskan tentang pentingnya vaksinasi adalah merupakan produk biologi yang berisi antigen berupa mikroorganisme atau zat yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga aman dan jika diberikan kepada seseorang akan membuat kekebalan tubuh secara aktif terhadap suatu penyakit tertentu.

Pemerintah terus mengupayakan pelaksaan suntik vaksin Covid-19 untuk seluruh masyarakat di Indonesia. Mulai dari awal tahun 2021 hingga saat ini vaksin Covid-19 tengah didistribusikan ke seluruh masyarakat Indonesia dan pemberian vaksin ini merupakan solusi yang dianggap paling tepat untuk mengurangi serta memutus rantai penularan Covid-19.

Vaksinasi bertujuan untuk memberikan kekebalan spesifik terhadap suatu penyakit tertentu sehingga jika suatu saat terpapar penyakit tersebut maka hanya akan mengalami gejala yang ringan. Sebaliknya, apabila tidak melakukan vaksinasi maka tidak akan memiliki kekebalan tubuh yang spesifik terhadap penyakit yang seharusnya dapat dicegah dengan pemberian vaksin tersebut.

Apabila cakupan vaksinasi tinggi dan merata, maka akan terbentuk suatu kekebalan kelompok (herd immunity). Selain itu, vaksinasi Covid-19 juga dapat menjaga produktivitas dan mengurangi dampak sosial serta ekonomi. Vaksinasi Covid-19 dilakukan setelah kepastian keamanan dan keampuhannya ada, jelas Kapolsek Bentian Besar AKP Andarias Tato’ Paladang, S.H.

admin

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *