Sukseskan Pilkades Serentak, Polres Kutai Barat Gelar Simulasi Pam TPS, TFG dan Pengarahan Personel Pam TPS

Kutai Barat – Polres Kutai Barat Polda Kalimantan Timur. Untuk menyukseskan Pilkades serentak yang aman dan kondusif, Polres Kutai Barat menggelar kegiatan pembekalan personel Polres yang melakukan tugas pengamanan TPS, Tactical Floor Game (TFG), dan simulasi pengamanan Tempat Pemungutan Suara di TPS. Latihan digelar di Aula Mapolres Kutai Barat, Senin (27/2/2023).

Kegiatan tersebut di hadiri oleh
AKBP Heri Rusyaman, S.I.K, M.H. (Kapolres Kutai Barat), Kompol I Gde Dharma Suyasa, S.H.(Wakapolres Kutai Barat), Para Kabag, Kasat, Kapolsek Polres Kutai Barat, Kapten Inf. Hariyadi (Perwakilan Kodim 0912/Kbr), Arminsyah Sumardi T, SP., M.Si (Kepala Bidang Pemerintahan Kampung Kab. Kutai Barat), Rudianto (Kasi PAM pol PP Kab. Kutai Barat), Para Camat dan perwakilan Kab. Kutai Barat, Para unsur muspika, panita dan Para personel Polres Kubar dan Jajaran sebanyak kurang lebih 100 personel.

Kapolres Kutai Barat AKBP Heri Rusyaman, S.I.K, M.H, mengatakan,” Kegiatan pembekalan kepada personel yang melaksanakan tugas Pengamanan di TPS, kegiatan simulasi Tactical Floor Game (TFG) dan peragaan simulasi Pengamanan di TPS ini dilakukan guna mempersiapkan personel pengamanan, baik dari Kepolisian, TNI dan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat untuk mengantisipasi segala kemungkinan gangguan keamanan pada pelaksanaan tahapan Pilkades yakni pemungutan suara dan penghitungan suara, “ucap Kapolres.

Dalam kegiatan tersebut terlebih dahulu pemberian pembekalan kepada personel Polres yang akan melakukan tugas pengamanan di TPS, kegiatan simulasi Pengamanan pemungutan suara di TPS, dan juga simulasi Tactical Floor Game (TFG) , dan simulasi ini bertujuan untuk memantapkan pengamanan menjelang pelaksanaan Pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 Maret 2023 bulan depan ini.

“Dengan demikian personel yang terlibat pengamanan di sejumlah TPS maupun yang stand-by, benar-benar memahami tugas dan tindakan apa yang dilakukan jika terjadi potensi gangguan Kamtibmas atau gangguan kerusuhan,” lanjut Kapolres.

Kapolres juga menambahkan, Polres Kutai Barat beserta jajarannya siap mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak dan simulasi tersebut bagian dari pemantapan persiapan pengamanan menjelang pilkades serentak.

“Kepolisian tentu memiliki tanggung jawab besar dalam mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak yang aman dan kondusif. Dan kegiatan ini merupakan bentuk kesiapan Polres Kutai Barat untuk menciptakan Kamtibmas yang aman, lancar dan damai,” tambahnya.

Pihaknya mengimbau semua pihak membantu menjaga situasi tetap kondusif dan menghindari konflik yang dapat membelah persatuan di tengah warga. Dalam simulasi yang digelar nampak menampilkan berbagai adegan yang mengarah pada potensi ancaman gangguan Kamtibmas yang melibatkan massa banyak dan penanganan terhadap massa yang melakukan percobaan kerusuhan berikut penanganan efektif dari Polri, TNI dan Pemerintah Daerah sehingga situasi menjadi kondusif dan aman,”tutup Kapolres.

Humas Polres Kutai Barat

admin

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *