MALAM 17 AGUSTUS, POLSEK BARONG AMANKAN PAWAI OBOR.

Tak seperti biasanya, tadi malam yaitu tanggal 16 agustus 2019 sekira jam 19.00 wita, telah ramai terlihat masyarakat yang berkumpul di Alun alun Itho pemkab Kutai Barat, banyaknya warga masyarakat baik tua maupun muda, pegawai sampai dengan anak sekolah semuanya menjadi satu di alun alun itho.

Malam itu ternyata ada kegiatan pawai obor yang diadakan setiap malam upacara hari kemerdekaan republik Indonesi. Pelaksanaannya begitu ramai dan meriah dengan hadirnya warga masyarakat yang berbaris dengan menggengam obor yang dibuat dari batang bambu yang ujungnya diberi sumbu dan disulut dengan api.

Pelaksanaan pawai obor diawali dengan upacara pembukaan yang dihadiri oleh para pejabat teras Pemkab Kutai Barat, setelah diadakan upacara barulah barisan pawai obor berjalan kaki mengikuti route yang telah ditentukan.

Dengan adanya kegiatan tersebut maka sangat penting untuk dilakukan pengamanan, baik itu pengamanan di alun alun itho ataupun di setiap persimpangan jalan yang dianggap rawan mengingat banyaknya warga yang menjadi peserta pawai obor.

Hal ini sesuai dengan pernyataan Bapak Kapolres Kutai Barat AKBP I Putu Yuni Setiawan, S.I.K. M.H melalui Bapak Kapolsek Barong tongkok yang menyatakan ” Dengan adanya kegiatan pawai obor ini maka kami akan melaksanakan pengamanan baik itu di alun alun itho ataupun di setiap persimpangan jalan dan kami juga bekerja sama dengan dishub untuk pengamana jalan”.

Menindak lanjuti hal tersebut maka pada hari Jumat, 16 agustus 2019 sekira jam 18.00 wita , seluruh anggota polisi baik Polres Kutai Barat maupun polsek Barong tongkok yang tercantum dalam surat perintah segera berkumpul untuk pelaksanaan apel persiapan pengamanan dan segera menempatkan diri sesuai dengan ploting tempat tempat yang telah ditentukan.

Kehadiran anggota polisi di acara tersebut dimaksudkan untuk menjaga keamanan selama kegiatan berlangsung hal ini di lakukan sebab atas kehadiran masyarakat yang sangat banyak menjadi peserta pawai obor maka dapat menimbulkan kemacetan lalu lintas dan selain itu dapat menimbulkan tindak kejahatan. Untuk itu polisi polres Kutai Barat dan Polsek Barong tongkok hadir ditengah tengah acara.

Atas kehadiran anggota polisi, masyarakat sangat berterima kasih sekali sebab dengan adanya polisi sehingga menjadikan rasa aman di dalam pelaksanaan kegiatan serta masyarakat mengharapkan agar kegiatan pengamanan selalu dilaksanakan di setiap acara acara yang lainnya.

admin

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *